abdahdelphi.blogspot.com

Kamis, 03 Maret 2011

10 Fakta nyata tentang situs youtube yang sulit untuk di percaya

Siapa yang tak kenal situs berbagi video YouTube. Situs populer ini memiliki 10 fakta yang akan mengejutkan Anda. Apa saja?

Di YouTube, dalam 60 hari terdapat lebih banyak konten video jika dibandingkan video jaringan televisi Amerika Serikat (AS) yang dibuat selama 60 tahun. Rata-rata pengguna YouTube menghabiskan 15-25 menit per hari di situs itu.

Namun, seberapa besar Anda mengenal situs berbagi video terbesar dunia itu? Tahukah Anda video apa terbanyak dilihat? Tahukah Anda siapa nama ketiga pendirinya? Tahukah Anda seberapa banyak link YouTube di tweet tiap menit?

Terdapat banyak data, info dan statistik menarik yang dapat dipelajari dari YouTube. Untuk itu, berikut 10 fakta menarik sekaligus menakjubkan mengenai YouTube. Simak dan bersiaplah ternganga.


1. Peran PayPal dalam Kreasi YouTube
YouTube diciptakan oleh Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim pada 2005. Ketiga pendiri itu saling kenal dari kerja sama pada usaha perintis Internet, PayPal. Bahkan, Hurley merancang logo PayPal setelah membaca artikel Wired mengenai perusahaan pembayaran online.
Awalnya, YouTube mendapatkan pendanaan melalui bonus yang diterima dari eBay buy-out of PayPal. Anda bisa membantah bahwa jika tak ada PayPal maka tak akan ada YouTube.

2. Awalnya, YouTube merupakan Situs Kencan
Trio pendiri itu tak langsung memiliki konsep YouTube. Menurut legenda, YouTube berawal sebagai situs video kencan yang dijuluki ‘Tune In Hook Up’ yang kabarnya dipengaruhi HotorNot.
Ketiga pendiri ini akhirnya memutuskan tak mengambil jalan itu. Inspirasi YouTube seperti yang dikenal saat ini dikreditkan pada dua peristiwa berbeda. Pertama, ketidakmampuan Karim menemukan video Janet Jackson ‘malfungsi pakaian’ dan kedua, ketika Hurley dan Chen tak mampu berbagi video pesta makan malam karena keterbatasan lampiran email.

3. YouTube Menyebabkan Masalah Bagi Utube
Nama domain YouTube.com terdaftar saat Hari Valentine 2005. Hal ini menyebabkan kesalahpahaman besar bagi Universal Tube & Rollform Equipment yang berbasis di Perrysburg, Ohio. Nama domain mereka ‘utube.com’ pun kewalahan dengan trafik dari orang-orang yang mencoba mengeja nama situs video itu secara fonetis.
Perusahaan manufaktur itu kemudian menggugat YouTube karena mereka mengklaim usahanya rusak karena YouTube namun tuntutan ditolak. Kini, tampaknya Universal Tube & Rollform Equipment kalah telak dan situs bisnis itu berpindah menjadi utubeonline.com. Sedangkan utube.com asli menjadi halaman arahan video bertema pengeja buruk.

4. Video Paling Pertama YouTube Pertama
Video pertama (http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=jNQXAC9IVRw) yang pernah diunggah ke YouTube bukanlah video klasik.
Video ini dibuat Yakov Lapitsky di San Diego Zoo. Video itu menampilkan Jawed Karim di depan kandang gajah. Video ini sendiri mendapat hit sebanyak 4.282.497 sejak debut online-nya pada 23 April 2005.

5. Rickroll Pertama
Contoh pertama ‘Rickroll’ muncul di YouTube pada 2007. Nampaknya, hal itu merupakan evolusi lelucon ‘4chan’ yang awalnya adalah pengguna ‘duckrolled’ yang mengarahkan pada bebek di atas roda. Kini, Rickroll menjadi lelucon praktis paling umum online.
Pada 2008, fenomena itu memuncak, poling SurveyUSA menyatakan, lebih dari 18 juta dewasa Amerika Serikat (AS) melihat figur Rickroll. Meski Rickroll pernah menjadi tren, figur itu bisa dengan mudah meningkat dua kali lipat.

6. April Mop Tahunan YouTube
Selama tiga tahun terakhir, YouTube mengerjai jutaan penggunanya setiap April Fools Day. Alasannya adalah klasik, tiap video di halaman muka situs sebenarnya Rickroll. Pada 2009, YouTube membuat situs itu terbalik.
Pada 2010, untuk upaya mengurangi bandwidth pun diperkenalkan mode ‘TEXTp’ yang menterjemahkan video menjadi teks. Mari kita lihat apa yang akan dilkukannya pada 2011 ini.

7. Statistik YouTube yang Mencengangkan
Pada Februari 2011, YouTube memiliki 490 juta pengguna unik per bulan di seluruh dunia. Diperkirakan, jumlah hit tiap bulan mencapai 92 miliar halaman. Kita menghabiskan sekitar 2,9 miliar jam di YouTube per bulan atau selama 325 ribu tahun.
Belum lagi statistik itu hanya untuk situs web YouTube, untuk video yang dipasang atau dilihat melalui perangkat mobile belum ditambahkan.

8. Statistik Sosial YouTube
Media sosial terkait statistik YouTube sangat mengesankan. YouTube mengatakan, rata-rata terdapat 400 tweets per menit yang mengandung link YouTube. Sementara itu, di Facebook lebih dari video YouTube setara 150 tahun dilihat tiap hari.

9. Video Paling Banyak Dilihat, Disukai dan Favorit
Tanpa menghitung video musik yang memiliki pembatasan perizinan dan seringkali hanya ditampilkan di YouTube AS, video terbanyak dilihat sepanjang massa adalah ‘Charlie bit my finger’ yang memiliki hit 283.405.051 dan akan terus bertambah.
Jika video musik situs Vevo AS dihitung juga, maka pemenangnya adalah Justin Beiber saat menyanyikan ‘Baby’. Video ini memiliki lebih dari 466 juta hit dan terus bertambah.

10. Game Telur ‘Ular’ Paskah YouTube
YouTube memiliki telur Paskah lucu ((http://www.youtube.com/watch?v=H1IzMb1VrJY&feature=player_embedded) yang memungkinkan Anda bermain game Snake-esque dalam jendela video. Selamat Menikmati!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar