abdahdelphi.blogspot.com

Selasa, 15 Maret 2011

setelah putualangannya akhirnya pesawat ulang-alik Discovery mendarat di bumi untuk selamanya

FLORIDA (Berita SuaraMedia) - Pesawat ulang alik luar angkasa Discovery akhirnya sukses kembali ke bumi. Pukul 11.57 EST atau 23.57 WIB Rabu malam (9/3/2011), pesawat tersebut berhasil mendarat di Kennedy Space Center, Florida. Saat Discovery mendarat, Kennedy Space Center dipenuhi oleh para pekerja yang terlibat proyek ini, jurnalis dan bahkan anak sekolah yang ingin menyaksikan peristiwa bersejarah ini.
Bersama Discovery, mendarat pula enam astronot yang dipimpin Steve Lindsey. Turut mendarat pula 2 spacewalker yang terlibat dalam misi terakhir Discovery, Steve Bowen dan Al Drew. "Untuk terakhir kalinya, ini berhenti," kata Lindsey begitu Discovery mendarat dan berhenti.
Discovery berhasil menuntaskan misi terakhirnya dengan sukses. Dengan demikian, Discovery berhasil memecahkan rekor dengan 39 misi penerbangan luar angkasa, 148 juta mil perjalanan, 5830 kali mengorbit bumi dan 365 atau persis setahun menjalani waktu di luar angkasa.
Sejak pertama diluncurkan ke antariksa pada 27 tahun lalu, telah banyak pengetahuan kosmos yang dikirim Discovery dari jarak ratusan tahun cahaya. Kepulangan Discovery, begitu dinantikan ilmuwan dan orang-orang yang setia mengikuti berita perkembangan misinya.
Terbukti, ketika rodaroda Discovery mulai menyentuh landasan hingga melambat, tepuk tangan dan soraksorai mulai bergema di Pusat Antariksa Kenendy. Tak lama, terdengar suara pimpinan astronot Discovery Komandan Steven Lindsey dari ruang kontrol.“Dan Houston, Discovery, untuk terakhir kalinya: roda-roda berhenti,” suara Lindsey menggema lewat pengeras suara. Maka, pergerakan roda-roda Discovery pun seakan membeku. Tidak ada pergerakan. Proses pendaratan terakhir pesawat ulang alik yang dipimpin langsung oleh Lindsey dan Kolonel Eric A Boe, personel Air Force One telah tuntas.Discovery telah berhenti bergerak. Tidak ada dengung mesin, pun arahan dari ruang kontrol.
Setelah misi terakhir ini, Discovery akan disimpan di Smithsonian Institution. NASA mengatakan, butuh waktu 3 bulan untuk mengambil 3 mesin utama dan membuang materi berbahaya sebelum pesawat siap dimuseumkan. Jarak 750 mil mesti ditempuh Discovery dengat jumbo jet sebelum sampai ke museum.
Di misi terakhirnya, Discovery berhasil menuntaskan misi diantaranya mengirimkan kompartemen baru untuk International Space Station (ISS), dan memasang kabel ekstensi.
Gravitasi tidak lagi berkisar pada angkanol.Telah habis masa tubuh melayang dalam balutan seragam astronot.“Untuk pesawat yang telah memimpin penjelajahan semesta dari waktu ke waktu, kami ucapkan ‘Selamat Jalan Discovery’,”kata komentator dari ruang Kontrol Misi,seperti diberitakan The New YorkTimes. Ya, kini waktunya berpisah dengan Discovery.Pesawat itu siap dibawa ke museum. Discovery sudah memasuki masa pensiun. Dia akan beristirahat panjang dalam sebuah gedung yang siap menyambut para pengunjung.
Dua pesawat luar angkasa NASA lainnya, Endeavour dan Atlantis bersiap menuju luar angkasa setelah Discovery mendarat. Nantinya keduanya juga akan dipensiunkan. Dalam jangka waktu hingga 2025 dan 2030, NASA selanjutnya akan mengembangkan misi ke asteroid dan Mars

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar