abdahdelphi.blogspot.com

Rabu, 23 Maret 2011

Prusahaan paling inspiratif dan paling dikagumi di dunia

Dalam berbisnis, seorang pengusaha biasanya memiliki panutan atau referensi yang dapat memberikan sebuah inspirasi bagi perjalanan bisnisnya. Tokoh atau perusahaan besar yang dikaguminya biasanya dapat mendatangkan motivasi sehingga dapat memberikan semangat dalam menjalankan bisnis. Hal tersebut bisa dibilang menjadi persyaratan utama bagi perolehan role model dalam sebuah perencanaan bisnis. Situs bisnis terkemuka, Fortune, pada hari ini (7/3) merilis daftar 50 perusahaan besar dunia yang dikagumi dunia melalui prestasi dan kesuksesannya. Untuk dapat lebih jelasnya mari kita simak beberapa perusahaan yang patut untuk kita ketahui.

Dominasi Perusahaan-Perusahaan Asal AS

Untuk posisi pertama sebagai perusahaan yang paling dikagumi oleh dunia ialah Apple Inc. Posisi Apple Inc sebagai perusahaan yang paling dikagumi telah bertahan selama 4 tahun terakhir. Perusahaan yang dipimpin oleh Steve Jobs yang merupakan CEO berkarakter dan juga menjadi idola banyak orang menyusul ditengah kondisi kesehatannya yang kian memburuk namun dapat memimpin perusahaannya sebagai salah satu perusahaan teknologi terdepan dunia. Inovasi dan terobosan bisnis menjadi dua hal yang menjadi nilai lebih bagi Apple dalam memimpin industri teknologi dunia. Bahkan awal bulan ini Apple Inc telah merilis iPad 2 yang merupakan generasi lanjutan dari iPad generasi pertama yang telah sukses dan memberikan inspirasi bagi munculnya komputer tablet layar sentuh.

Di posisi kedua ditempati oleh search engine internet paling wahid di dunia, Google Inc. Posisi yang ditempati oleh Google memperlihatkan bahwa peran perusahaan search engine tersebut telah memberikan pengaruh yang besar bagi dunia teknologi dan perkembangan internet di seluruh dunia. Sang CEO, Eric Schmidt yang telah memimpin perusahaan tersebut sejak tahun 2001 telah memberikan inspirasi bagi banyak pihak dan sukses membawa Google mengalahkan pesaingnya meski bukan sang pelopor dalam industri search engine. Pada bulan April, posisinya akan diganti oleh Larry Page yang merupakan wakilnya.

Sedangkan di posis ketiga ditempati oleh perusahaan holding terkemuka di dunia, Berkshire Hathaway. Sebagai perusahaan holding terkemuka dunia, posisi Berkshire Hathaway dipandang banyak memiliki peranan dalam dunia investasi tak terkecuali dengan membuat kebijakan pembelian saham perusahaan-perusahaan yang sedang mengalami krisis finansial dan butuh suntikan dana investasi. Pada tahun lalu, pengeluaran terbesar Berkshire Hathaway dikucurkan untuk membeli mayoritas saham Burlington Northern Santa Fe senilai 26 miliar dolar guna mengatasi krisis finansial yang sedang dialami perusahaan produsen rel kereta api tersebut. Melalui CEO-nya, Warren Buffet, Berkshire Hathaway ingin terus berupaya untuk mengembangkan sektor bisnis di tahun ini. Dari sisi individu, Warren Buffet juga dinilai memiliki inspirasi terutama dari segi philantropistnya.

Beberapa perusahaan yang patut menjadi inspirasi dan masuk di urutan 10 besar ialah FedEx, Amazon.com, Coca-Cola dan McDonald's. Untuk FedEx sendiri, brand yang telah mendunia di sektor jasa pengangkutan telah menjadikan FedEx berdiri paling terdepan di sektor ini. FedEx memperlihatkan bahwa perusahaan yang telah berdiri 30 tahun tersebut terus menunjukan perkembangannya meski ditengah krisis ekonomi global pada saat 2008 dan sekarang dimana harga minyak mentah yang telah melambung ke lebih dari 100 dollar yang membuat biaya operasional meningkat. Dengan slogan "The World On Time", FedEx terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumennya.

Sedangkan untuk Amazon.com, imej perusahaan jual beli online menjadi popluer saat ini berkat adanya inovasi yang dihadirkan oleh perusahaan yang telah berdiri sejak 1994. Sebagai pelopor di bisnis jual beli online, Amazon.com terus berkembang pesat dan telah menjadi yang terdepan. Bermula dengan hanya menjual buku, namun kini telah melebar ke banyak item mulai dari DVD sampai dengan mainan. Kini pengelolaan website-nya telah dioperasikan di banyak negara seperti Kanada, Inggirs, Jerman, Perancis, Italia, Jepang dan China.

Coca-Cola, siapa yang tidak mengenal brand ini. Kini minuman ringan ini telah menjelma bukan hanya sebagai produk beverage, namun juga telah menjadi brand yang kental di seluruh dunia. Berbagai acara dan event dunia pun telah menjadi partner dan identik dengan brand ini seperti Piala Dunia dan kompetsi NBA. Sedangkan untuk McDonald's, posisinya sebagai perusahaan franchise restoran cepat saji sudah menjadi hal yang identik di seluruh belahan dunia. Kini jumlah restoran McDonald's telah sebanyak 32 ribu outlet dengan 400 ribu orang karyawan.

Menurut Kristianto Nugroho selaku Komisaris BBJ, dari perusahaan-perusahaan yang dikagumi ini beberapa diantaranya seperti Apple, Berkshire Hathaway juga CocaCola dll justru memiliki inspirasi pada keadaan sulit. Sebagai contoh Apple, dimana Steve Jobs justru mendapatkan inspirasi inovasi pada saat krisis kesehatannya menjadi ancaman baginya, sedang Berkshire Hathaway membuat berbagai corporate action yang diinsipirasikan oleh keadaan jatuhnya bursa dan ekonomi AS, lalu CocaCola merambah industri beverage justru pada saat krisis minuman soda yang dianggap oleh dunia medis bukan minuman sehat. Hal ini menjadi inspirasi bagi banyak pebisnis untuk mengubah krisis menjadi lompatan kemajuan perusahaannya.

Selain itu, Managing Director dari Lepmida, Fadjar Dewanto mengungkapkan bahwa untuk perusahaan - perusahaan fortune's top 50 memiliki apa yang di temukan oleh Kaplan dalam bukunya strategy focus yaitu menghubungkan strategi dengan operation yang dapat di ukur melalui lag and lead indicator sehingga pengukuran keberhasilan tidak berdasarkan hanya dari perspective financial saja, namun juga termasuk perspective lainnya seperti learning and growth, process and customer.

Singapore Airlines Urutan 18

Dalam deretan 50 perusahaan yang paling dikagumi dunia, beberapa perusahaan asal Asia tercatat masuk daftar tersebut. Yang paling mencolok ialah Singapore Airlines yang bercokol di urutan 18 dan merupakan penghargaan maskapai penerbangan terbaik dunia. Prestasi yang dimiliki oleh Singapore Airlines tidak lain merupakan sebuah penghargaan dari bagusnya pelayanan dan rating bisnis yang dimilikinya. Ketepatan waktu, kenyamanan dan pelayanan yang sempurna menjadikan Singapore Airlines menjadi favorit bagi konsumen. Kini maskapai ini melayani rute 61 tujuan terbang dari 35 negara diseluruh dunia.

Alfred Pakasi, Chief of editor Vibiznews.com menambahkan bahwa beberapa perusahaan Asia lainnya ialah Toyota Motor di urutan 33, Samsung Electronis urutan 38, Honda Motor di urutan 42 dan Sony Corp di urutan 46. Adakah nama perusahaan Indonesia? Dalam list top 50 maupun top 350 perusahaan yang di-rating, tidak terdapat nama perusahaan dari Indonesia. Sementara negeri tetangga kita seperti Singapura, India dan Malaysia masih menyumbang beberapa nama perusahaannya ke dalam daftar, seperti Petronas, Singapore Airlines, Flextronics International, dan Wilmar International (yang ada pemilik orang Indonesia di dalamnya), serta Tata Steel.

Survey tahunan kerap diadakan diadakan oleh Frontier Consulting Group bersama majalah BusinessWeek dalam penghargaan Indonesia's Most Admired Companies (IMAC). Beberapa nama perusahaan disebut sebagai pemenang IMAC 2010, di antaranya PT Kalbe Farma dalam peringkat pertama kategori Farmasi, PT Unilever Indonesia sebagai produsen barang-barang konsumsi, PT Telkom yang menerima 2 Award IMAC untuk kategori Corporate Telekomuniasi dan Internet Provider, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia), RCTI, CNI, dll. Dalam penilaian survey tersebut dibagi menjadi 4 hal penilaian yaitu kinerja perusahaan, kualitas produk, kualitas karyawan dan tanggung jawab sosial.

Penghargaan demikian baik untuk secara periodik diadakan karena merupakan penilaian secara persepsi masyarakat atas perusahaan-perusahaan yang menyediakan produk dan jasanya kepada masyarakat. Ini akan mendorong untuk perusahaan terus meningkatkan kinerjanya demi manfaat dan kepuasan pelanggan.

Semoga satu hari akan ada nama perusahaan lokal Indonesia yang bertengger dan diakui dalam daftar Forbes sebagai The Most Admired Companies.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar