abdahdelphi.blogspot.com

Minggu, 17 Oktober 2010

Swiss Sukses Gali Terowongan Terpanjang Dunia





INILAH.COM, Alpen - Swiss telah menyelesaikan penggalian terowongan terpanjang dunia yang terletak di bawah Pegunungan Alpen.

Penggalian terakhir untuk terowongan berdiameter 10 meter melalui bebatuan itu baru saja selesai dan disambut aplaus oleh para pekerjanya. Terowongan untuk jalur rel Gotthard ini akan memakan waktu 14 tahun dan baru akan diaktifkan selambatnya 2016.


Terowongan ini akan menjadi revolusi transportasi pertama yang lintas negara Eropa. Bagian utara dan selatan akan terhubunga dengan jaringan kereta cepat yang mencapai 250 km per jam. Perjalanan dari Zurich ke Milan akan bisa ditempuh hanya dalam satu setengah jam.


Proyek senilai US$10,3 miliar ini akan mengakomodasi 300 kereta per harinya, di bawah pegunungan indah tersebut. Panjangnya akan melebihi dua terowongan terpanjang dunia, Seikan di Jepang (53,8 km) dan Channel Tunnel di Inggris dan Prancis (50 km).


Titik pertemuan terowongan itu terletak 2.000 meter di bawah tanah dan disiarkan langsung oleh televisi nasional Swiss. Sebanyak 2.500 pekerja menggali terowongan tersebut dan delapan diantaranya tewas. Namun pekerjaan ini harus diselesaikan mengingat Swiss adalah jalur transportasi penting. [ast]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar