abdahdelphi.blogspot.com

Minggu, 17 Oktober 2010

Wapres Budiono Terima Dua Astronot Dari China


Jakarta, (tvOne)
Wakil Presiden (Wapres) Boediono menerima dua astronot Cina , Zhai Zigang dan Ni Haisheng, tanda memperkuat hubungan bilateral kedua negara di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kedatangan dua astronot Negeri Tirai Bambu di Kantor Wapres di Jakarta, Jumat (15/10), itu didampingi Duta Besar China untuk Indonesia Zhang Qiyue. "Kami bangga karena dua antariksawan kami bisa ikut ke Indonesia. Mereka di Tiongkok saja, sangat susah ditemui," ujar Zhang.

Ia mengatakan, kerja sama Indonesia dan China di bidang antariksa telah berlangsung sejak lama. Dicontohkannya, satelit Indonesia beberapa waktu lalu diluncurkan dengan roket pembawa dari China. Selain itu, ada pertukaran personel untuk alih teknologi. "Kunjungan ini menunjukkan kami ingin bekerja lebih lanjut di bidang antariksa," ungkap Zhang.

Dalam jumpa wartawan itu, kedua astronot mengungkapkan pengalamannya berjalan di luar angkasa. Semisalnya, Ni Haisheng memuji keindahan Indonesia yang tampak sebagai gugusan mutiara yang indah jika dilihat dari luar angkasa. "Indonesia terdiri atas ribuan pulau di khatulistiwa. Jika dilihat dari luar angkasa, seperti serangkaian mutiara. Sangat cemerlang," ungkap Haisheng.

Sementara itu, Zhai Zigang mengemukakan kisahnya di luar angkasa sebagai sebuah pengalaman yang sangat misterius. "Kami berada disana dalam gravitasi nol. Kami terapung. Seperti ikan yang berenang. Luar angkasa hitam tapi transparan. Bintang terlihat lebih terang. Kalau melihat bumi dari luar angkasa, sangat indah sekali," tuturnya. (Ant)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar